Metafora Positif dan Negatif tentang " WANITA "

Diskusi tentang isu-isu dalam metafora
Oriza Indah
Posts: 2
Joined: Mon Jun 22, 2015 1:48 pm

Metafora Positif dan Negatif tentang " WANITA "

Postby Oriza Indah » Wed Jun 24, 2015 7:03 am

Saya mau membagi tentang metafora positif dan negatif mengenai wanita. Ada metafora yang menggambarkan kecantikan / keindahan seorang wanita dengan sebutan "Bunga desa". Bunga desa merupakan metafora yang memiliki arti / makna yang positif. Ada pula metafora yang dapat menggambarkan seorang wanita dalam bentuk metafora negatif yaitu " Ayam Kampus ".

“Bunga desa” memiliki arti yaitu untuk menyebutkan anak gadis atau yang masih perawan paling tercantik di sebuah kampung/desa. Dengan kecantikan nya itu dia bisa memikat serta memesona para perjaka/kumbang mana pun yang melihat ke arahnya. Kata " Bunga " itu sendiri memiliki arti bagian tumbuhan yang elok warnanya dan harum baunya. Sedangkan kata " desa ", merupakan tempat yang penuh dengan keindahan yang masih alami dan merupakan suatu tempat yang berhubungan dengan kata keluguuan / kepolosan dan keasrian. Hal itu kenapa " bunga desa" di gambarkan seperti seorang gadis yang memiliki fisik; berparas cantik, masih perawan, rambut indah, tubuh indah dan lain sebagainya. Karena memiliki makna dan arti yang indah, itu sebabnya bunga desa termasuk metafora positif untuk menggambarkan seorang wanita. Di lingkungan sosial, metafora “bunga desa” hanyalah sebuah ungkapan rasa takjub untuk seorang gadis cantik yang benar-benar mempesona di sebuah kampung/desa.

Sedangkan "ayam kampus" memiliki arti seorang perempuan cantik dan mempesona yang selalu berhubungan dengan mahasiswi / wanita di kampus. Makna kata "ayam" di dalam kanta "ayam kampus" bukan merupakan makna sebenar nya sebagai unggas. Tetapi makna ayam disini adalah lebih cenderung seperti kegunaan dan sifat ayam itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa tingkah laku ayam saat musim kawin, ayam-ayam tak peduli dengan media, waktu dan dengan siapa mereka berhubungan. Dan juga apa yang bisa kita manfaatkan atas ayam itu sendiri merupakan daging (tubuh) ayam. Sedangkan kampus merupkan tempat untuk menuntut ilmu. Seperti orang-orang ketahui, bahwa ayam kampus memiliki arti yang negatif yaitu memanfaatkan kecantikan wanita untuk memikat lelaki dalam memakai "jasanya" dalam maksud negatif. Dimana ayam kampus merupakan istilah lain dari "PSK" yang di khusus kan bagi para mahasiswi.

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.

Return to “Diskusi Metafora”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

cron