IKAN DAN LAUTAN

Diskusi tentang isu-isu dalam metafora
Adani fadhilah S
Posts: 4
Joined: Thu Jun 25, 2015 9:24 am

Re: IKAN DAN LAUTAN

Postby Adani fadhilah S » Thu Jun 25, 2015 10:30 am

ikan dan lautan merupakan peranan penting yang berhubungan dengan metafora, yaitu merupakan hasil sumber daya alam yang patut kita syukuri dan manfaatkan dengan baik.

ajeng octavina
Posts: 1
Joined: Thu Jun 25, 2015 11:10 am

Re: IKAN DAN LAUTAN

Postby ajeng octavina » Thu Jun 25, 2015 11:30 am

saya sangat setuju dengan metafora ikan dan lautan karena memang benar ikan sebagai objek atau sasaran yang akan diperoleh dan lautan sebagai sumber untuk menuju pada sasaran tersebut. seberapa besar hasil yang di dapat tentu tergantung pada upaya seseorang tersebut, misal jika kita ingin mendapatkan hasil ikan yang melimpah maka kita harus lebih berusaha keras mengarungi lautan luas yang akan lebih memberikan hasil yang menjanjikan.

Alifa Risty Suryani
Posts: 2
Joined: Thu Jun 25, 2015 2:01 pm

Re: IKAN DAN LAUTAN

Postby Alifa Risty Suryani » Thu Jun 25, 2015 2:18 pm

Berdasarkan buku yang pernah saya baca, makna ikan yang melambangkan rejeki adalah ikan koi yang berwarna merah dan ikan koi berwarna emas :lol:
Alifa Risty Suryani - C11.2012.01342

nurul mufida
Posts: 1
Joined: Fri Jun 26, 2015 5:18 am

Re: IKAN DAN LAUTAN

Postby nurul mufida » Fri Jun 26, 2015 6:02 am

Indonesia adalah negara maritim. Lebih dari setengah jumlah penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Jadi tidak salah Jika metafora dari ikan dan lautan adalah rizki dan sumbernya. Karena ikan sama dengan riski yang dicari. SedangKan lautan adalah Sumbernya atau bisa dikatakan dengan tempat mencari riski... :D
Nurul mufida
C11.2012.01372

Ari Triono
Posts: 1
Joined: Thu Jun 25, 2015 1:49 pm

Re: IKAN DAN LAUTAN

Postby Ari Triono » Fri Jun 26, 2015 7:05 am

jumanto wrote:Ikan dan Lautan yang mewakili Rezeki dan Sumbernya adalah suatu metafora yang cerdas yang dilontarkan oleh Rektor Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang di beberapa event penting baru-baru ini. Metafora tersebut mengandung makna bahwa rezeki akan dapat kita peroleh, mau sedikit atau banyak, bergantung kepada upaya kita, yaitu kerja keras dan kerja cerdas. Nah, anggota Masyarakat Metafora Indonesia (MMI), bagaimana pendapat Anda tentang hal ini? Semoga menarik dan bermanfaat. Salam.

“ikan dan lautan” reminds me about a song lyric of KoesPlus which is one of famous Band in Indonesia. The title of the song is “bukan lautan tapi kolam susu”. In one of the lyric there is lyric sounding “Bukan lautan hanya kolam susu. Kail dan jala cukup menghidupimu”. Yeah, I think that lyric has relation meaning with the term of “ikan dan lautan.

Kail and jala are usually used by the fisherman. It is used to seek fish in ocean. Well, what is the relation with the metaphore of “ikan dan lautan”? the relation is in the way to get gift (rejeki). What I mean is there are some way in seeking “rejeki”. We can choose “kail” or Jala” in seeking fish (rejeki). If we want to get many fish, we can use jala. So, we don’t need hopeless when we get difficulties in seeking rejeki, for there is a lot of way to earn “rejeki”.

These are my opinion about the metaphore of ikan dan lautan

Ari Triono


Return to “Diskusi Metafora”

Who is online

Users browsing this forum: evams4, franklinyl69 and 1 guest

cron