Metafora positif dan negatif

Diskusi tentang isu-isu dalam metafora
jumanto
Posts: 16
Joined: Wed Apr 22, 2015 2:31 am
Location: Dian Nuswantoro University
Contact:

Metafora positif dan negatif

Postby jumanto » Tue May 26, 2015 2:05 am

Metafora, sebagai tataran kedua dari bahasa, yang bersifat konotatif, hati-hati lho: ada metafora positif dan metafora negatif. Cuma memang alasannya kadang-kadang bersifat arbitrer (kesepakatan masyarakat pengguna). Nah, warga MMI. 'Kupu-kupu' adalah metafora positif, yang mengandung keindahan, e.g. Gadis itu seperti kupu-kupu. Tapi mengapa 'Kupu-kupu malam' menjadi metafora negatif? e.g. Gadis itu seperti kupu-kupu malam. Nah, bagaimana pendapat warga MMI? Salam.

Ratih Messi
Posts: 2
Joined: Thu Jun 18, 2015 4:23 pm

Re: Metafora positif dan negatif

Postby Ratih Messi » Thu Jun 18, 2015 5:00 pm

Kata denotasi 'kupu-kupu' adalah serangga bersayap yang indah yang terbang kesana-kemari di taman. Dalam metafora 'Gadis itu seperti kupu-kupu' bersifat positif karena bayangan yang ada dibenak adalah gadis itu cantik/menawan. Namun, pada metafora 'Kupu-kupu malam' bersifat negatif karena adanya penambahan kata 'malam' yang membuat metafora tersebut menjadi negatif yang mengandung ketidaksantunan atau sindiran yang dapat menyakiti perasaan seseorang. Arti dari 'kupu-kupu malam' adalah bukan kupu-kupu yang terbang pada malam hari, melainkan wanita yang terpaksa menjual diri karena alasan tertentu.

Ratih Lupitasari

Oriza Indah
Posts: 2
Joined: Mon Jun 22, 2015 1:48 pm

Re: Metafora positif dan negatif

Postby Oriza Indah » Mon Jun 22, 2015 2:28 pm

Menurut saya kupu-kupu malam bisa menjadi metafora negatif karena. seperti bapak bilang bahwa kupu-kupu mengandung keindahan. Tetapi masyarakat sendiri sudah beranggapan bahwa hal yang sudah bersangkutan dengan kata "malam" memiliki hubungan dengan hal-hal negatif. Contoh nya "malam" bisa diartikan dengan hal yang berbau hantu, club, begadang, pencuri, dunia malam dll. Kata malam yang mengikuti kata kupu-kupu, membuat kata kupu-kupu memiliki makna metafora yang negatif. Menurut saya, makna dibalik kata kupu-kupu yang artinya keindahan, dan ditambah kata "malam" itu sendiri menjadi memiliki arti keindahan malam (memiliki konten negatif). Kenapa kupu-kupu malam memiliki makna metafora negatif? Karena itu semua berasal dari kata malam itu sendiri yang memiliki konten negatif menurut pandangan masyarakat yang berhubungan tentang hal sosial dan norma bahkan kebudayaan di Indonesia.

Memang metafora kupu - kupu malam memiliki konten metafora negatif. Tetapi penggunaan kata kupu - kupu malam, menurut saya lebih sopan dan halus dalam hal norma dan sosial, dibandingkan menyebut para pekerja seks dengan sebutan PSK "pekerja seks komersil". Tidak hanya itu saja, bagi para "PSK" , mereka lebih suka dan merasa lebih dihargai jika dipanggil / disebut sebagai kupu-kupu malam daripada "pekerja seks komersil". Banyak sekali anak-anak di desa / bahkan orang-orang kota lebih mengetahui nama panggilan pekerja seks dengan sebutan "PSK" daripada "kupu-kupu malam". Menurut bapak, apakah "PSK" lebih kasar daripada "kupu-kupu malam" ? Atau bahkan sebaliknya?

jumanto
Posts: 16
Joined: Wed Apr 22, 2015 2:31 am
Location: Dian Nuswantoro University
Contact:

Re: Metafora positif dan negatif

Postby jumanto » Tue Jun 23, 2015 6:49 am

Dear Ms. Ratih and Ms. Oriza: you two are right. Memang 'kupu-kupu' yang indah dan bermakna positif, untuk sebagian besar rakyat Indonesia menjadi negatif dalam metafora 'kupu-kupu malam'. Kata 'malam', sebabnya, yang mengandung properti semantik 'gelap', atau 'hitam', dan 'membuat orang tidak bisa melihat dengan baik', sehingga dianggap negatif. Dengan demikian, 'kupu-kupu malam' adalah 'kupu-kupu' yang 'negatif' atau memiliki sifat yang 'hitam' atau tidak baik. Semoga manfaat. Salam.

christiantommy
Posts: 4
Joined: Tue Jun 23, 2015 1:56 pm

Re: Metafora positif dan negatif

Postby christiantommy » Tue Jun 23, 2015 2:34 pm

Menurut saya kata kupu-kupu itu sendiri bukan hanya untuk wanita malam atau pekerja seks. Melainkan kata kupu-kupu itu sendiri untuk mahasiswa. Ada yang bilang janganlah menjadi mahasiswa kupu-kupu, maksudnya kuliah pulang-kuliah pulang. Yang dimaksud disini mahasiswa yang hanya kuliah setelah itu pulang tanpa adanya bersosalisasi dengan teman dan lingkungan perkuliahan.Sebagai mahasiswa tidak hanya kuliah tetapi paling tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan masyarakat, bisa mengikuti kegiatan- kegiatan kampus seperti HM(himpunan mahasiswa), atau kegiatan yang ada di lingkungan perkuliahan. ayo kawan-kawan mahasiswa jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) jadilah mahasiswa yangberpikiran positif, aktif dan kreatif di kampus supaya wawasan kita bertambah, membentuk pola berpikir yang baik,memperluas jaringan (networking). sekian dari saya. Terima kasih.

christiantommy
Posts: 4
Joined: Tue Jun 23, 2015 1:56 pm

Re: Metafora positif dan negatif

Postby christiantommy » Tue Jun 23, 2015 3:10 pm

menurut saya makna kupu-kupu itu bukan hanya untuk serangga atau kupu-kupu malam untuk pekerja seks. Melainkan kupu-kupu sendiri sudah diartikan lain di kalangan mahasiswa, yaitu mahasiswa yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang (kupu-kupu). banyak yang bilang 'ah dasar lu mahasiswa kupu-kupu' maksudnya mahasiswa setelah perkuliahan langsung pulang dan tidak pernah bersosialisasi dengan teman dikampus, tidak adanya kegiatan kampus yang diikuti, dan sebagainya. Sebaiknya kita menjadi mahasiswa yang berpikiran positif, aktif, dan kreatif.

andyprakoso
Posts: 4
Joined: Wed Jun 24, 2015 2:09 pm

Re: Metafora positif dan negatif

Postby andyprakoso » Wed Jun 24, 2015 2:12 pm

Awesome. :D

andyprakoso
Posts: 4
Joined: Wed Jun 24, 2015 2:09 pm

Re: Metafora positif dan negatif

Postby andyprakoso » Wed Jun 24, 2015 2:18 pm

Awesome.

Fadly
Posts: 2
Joined: Tue Jun 23, 2015 3:41 am

Re: Metafora positif dan negatif

Postby Fadly » Thu Jun 25, 2015 9:24 am

Kupu-kupu merupakan hewan bersayap yang indah. Memiliki warna yang bermacam-macam sehingga terlihat indah saat terbang. Setiap orang yang melihatnya pun pasti ingin memegang dan melihat keindahanya dari dekat. Sedangkan 'kupu-kupu malam' berarti negatif itu sebenarnya tergantung cara orang berpresepsi. Itu merupakan pikiran atau ide dari seseorang yang mengatakan bahwa wanita yang keluar malam itu sebagai 'kupu-kupu malam'. Sehingga sampai sekarang kata 'kupu-kupu malam' identik dengan hal negatif. Selain itu, negatif dan positif nya 'kupu-kupu malam' tergantung budaya masyarakat itu sendiri. Rifky Fahdlil

Winda R. Saputra
Posts: 2
Joined: Thu Jun 25, 2015 11:50 am

Re: Metafora positif dan negatif

Postby Winda R. Saputra » Thu Jun 25, 2015 12:26 pm

Kupu-kupu adalah sejenis serangga yang awal mulanya dari kepompomg menjadi serangga yang bersayap indah dengan berbagai jenis varian tersendiri, banyak orang atau anak-anak suka dengan serangga tersebut karena keindahan sayapnya tetapi berbeda dengan kupu-kupu malam karena banyak konotasi dalam kata kupu-kupu malam tersebut. kupu-kupu adalah makna yang sesungguhnya tetapi disini kupu-kupu di tambah dengan kata malam jadi kupu-kupu malam sehingga banyak yang berfikiran kupu-kupu malam adalah seorang wanita yang berkerja di malam hari untuk menyenangkan para lelaki hidung belang tetapi tidak semua wanita yang bekerja di malam hari di sebut kupu-kupu malam, hal tersebut bisa bedakan dengan status pekerjaannya. jadi kupu-kupu malam banyak mengandung arti negatif di banding positif tergantung cara pandang orang atau cara menilai orang dalam menanggapi kata tersebut. 8-)


Return to “Diskusi Metafora”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

cron